Apa yang terjadi di dunia Pendidikan saat ini ..???

Ada gejala gak aneh yang saya (-dan juga teman-teman seprofesi-) rasakan belakangan ini. Siswa dan Mahasiswa agak kurang bergairah dalam belajar. Sepertinya… “Ilmu nggak ilmu, mutu nggak mutu.. biso dak biso .. yo lantak- lah, yang penting Lulus”.

Kasar kah bahasa saya ini ..??.. Buat anda yang merasa masih Pelajar stau Mahasiswa,… tak perlu tersingung dulu semuanya, kecuali bagi anda yang masuk dalam kelompok dimaksud.

Saya dan teman-teman berpendapat begitu bukan tanpa dasar, tapi didasari pada pengalaman dalam mengajar beberapa tahun belakangan.

Sebenarnya dari dulu sampai nanti juga tetap ada model siswa/mahasiswa seperti itu, cuma belakangan ini kadar nya agak tinggi.  Maaf kata,… disuapin saja nggak mau nelan, apalagi suruh cari makan sendiri…

Belakangan ini, sulit untuk mendapatkan suasana diskusi di kelas yang seru, berimbang dan berbobot seperti dulu. Jaman kami dulu, ada saja beberapa teman yang bermasalah kuliahnya karena “digencet” oleh Dosen, akibat tingkah beberapa teman yang (-tanpa sadar-) menyudutkan Dosen dalam diskusi.  Sekarang ? … Wuihh… agak sulit  mencari peserta didik yang senang diajak diskusi. Maunya dengar pelajaran doang, diam ,  dapat nilai dan maunya langsung lulus, sebab sudah diatur oleh Sekolah, Penguasa dan Pemerintah.

Apa yang terjadi ? apakah ada kaitannya dengan sistem pendidikan saat ini, dimana Institusi  ”Pusat”  dan “Daerah”  turut  serta memegang andil terhadap proses kelulusan siswa ?   Kita cari jawaban dan solusi sama-sama yuk…!