Hotspot gratis yang disediakan SMK Kosgoro Muara Bulianselama beberapa tahun ini sebenarnya sangat bermanfaat. Sejak adanya layanan internet  gratis di sekolah ini,  guru, karyawan dan siswa banyak yang betah di sekolah.
         Jika sedang tidak ada jam sekolah, terlihat banyak siswa yang mengambil posisi  strategis untuk berselancar di dunia maya, mulai dari dalam kelas, di Lab. Komputer, di depan kelas, di sudut-sudut gedung sampai ke kantin. Sementara, Guru ataupun pegawai  terlihat asyik berinternet,  ketika sedang tidak ada jam mengajar atau ada waktu luang.
Walaupun Bandwidth yang disewa dari PT.Telkom (layanan Speedy) hanya paket “pas-pasan” yaitu 384 Kbps, dan diakses oleh banyak perangkat Laptop, yang berakibat jaringan Internet terkesan “lelet”, tetapi layanan tersebut sangat membantu.  Siswa tidak gaptek (gagap teknologi) lagi, karena dengan mudahnya dapat memanfaatkan internet untuk mengerjakan tugas sekolah, browsing data, belajar, dan hiburan.
Sayangnya, dari pengamatan saya, fasilitas ini belum dimanfaatkan dengan optimal untuk pembelajaran. Dari pengamatan traffic data di jaringan Internet  yang saya pantau di beberapa kesempatan (menggunakan) software networking seperti Capsa dan Network Manager, terlihat bahwa banyak yang hanya memanfaatkan internet untuk download lagu dan ber”facebook” ria. Padahal begitu banyak manfaat lain yang bias anda dapatkan.  Semoga anda semua menyadari.