Posting asli 21 Maret 2019

 

 

Di era globalisasi seperti sekarang semua informasi dari segala penjuru dunia tidak dapat di hentikan. baik itu informasi yang berdampak positif ataupun negatif. Untuk itu di serahkan kepada individu untuk dapat menilai informasi yang di dapat dengan bijak. Selain itu dampak dari era globalisasi tanpa di sadari persaingan terjadi dengan sendirinya, hal ini terbukti dari beberapa penyerapan tenaga kerja baik di lingkungan swasta maupun pemerintahan menambah persyaratan batas minimal pendidikan.

Penambahan batasan minimal pendidikan pada suatu tempat pekerjaan bukan tanpa alasan, penambahan batas minimal pendidikan itu di maksud untuk peningkatan mutu dan kinerja dari individu yang akan di terima pada suatu posisi pekerjaan. Dengan harapan pekerja yang baru di terima dapat memberikan dampak kemajuan di tempat bekerja. Penerapan batasan minimal pendidikan ini bisa saja terus berlangsung dan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jika hal ini terus terjadi maka setiap orang harus menyiapkan untuk menghadapi segala bentuk persaingan yang di timbulkan di era globalisai.

Salah satu upaya untuk menghadapi persaingan di era globalisasi adalah dengan mempersiapkan diri di bidang pendidikan. Pendidikan penting sebagai bekal untuk masa depan. Setiap orang berlomba – lomba untuk menjadi pribadi yang ungguk dari pada yang lain. Sehingga perlu memiliki nilai tambah atau kemampuan lebih agar dapat bersaing. Oleh karena itu pendidikan merupakan salah satu kunci agar dapat bertahan dan bersaing di era globalisasi.

Menurut Undang Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 13 ayat 1 menyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal dan internal.

Pusat kegiatan Belajar Masyarakat merupakan salah satu dari satuan pendidikan non formal. Menurut Sihombing dalam bukunya Pendidikan Luar Sekolah Kini dan Masa Depan (1999) menyebutkan, bahwa tujuan pelembagaan PKBM adalah untuk menggali, menumbuhkan, mengembangkan dan memanfaatkan seluruh potensi yang ada di masyarakat, untuk sebesar-besarnya pemberdayaan masyarakat itu sendiri.

PKBM kosgoro merupakan salah Satu penyelenggara pendidikan nonformal yang ada di kabupaten Batanghari beralamat mempunyai tiga ( 3 ) program pendidikan kesetaraan, Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Sebagai salah satu mitra kerja pemerintahan dalam mencerdaskan kehidupan mayarakat melalui program-program pendidikan nonformal, diharapkan mampu menumbuhkan masyarakat belajar sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kemandirian, keberdaya didikan dan inovatif dalam mencari berbagai informasi baru dalam rangka meningkatkan kehidupannya.

Islam sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan memberikan perhatian khusus dalam masalah ilmu. Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bahkan mengatakan bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, utamanya masalah ilmu agama. Di dalam Qs Al – Mujadillah Ayat 11 allah berfirman yang Artinya :

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

 

Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu. – Imam Malik “

  • Semoga bermanfaat “