Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Dasar hukumnya adalah Kepres (Keputusan Presiden) Nomor 78 Tahun 1994. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada guru. Ini juga terkait erat dengan sejarah, dimana berdasarkan beberapa referensi menyatakan lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada tanggal 25 November 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, merupakan cikal-bakal organisasi PGRI.

Pada tahun 2020 ini suasana peringatan Hari Guru Nasional tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita masih berada situasi pandemi yang belum berujung, tentu tak akan ada acara perayaan, kumpul-kumpul, senda gurau, pemberian bingkisan kejutan,  atau sekedar photo bersama antara guru dengan para siswa.

Lantas apakah makna Hari Guru tahun ini menjadi luntur?…tentu tidak. Selalu ada dua sisi dalam setiap fenomena. Mungkin saja terasa sepi perayaan Hari Guru tahun ini,..tetapi kita dapat mensyukuri tahun ini dari sisi yang lain;…yaitu pesatnya peningkatan penguasaan kompetensi dan penerapan Teknologi Informasi (TI) oleh para Guru dan siswa yang secara spesifik diimplementasikan dalam bentuk pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Harus jujur kita akui bahwa selama ini masih banyak sekali guru dan siswa yang belum sepenuhnya menguasai Teknologi Informasi. Pandemi ini membawa hikmah dengan memaksa kita semua akrab dengan dunia TI. Memang belum ada angka yang secara gamblang menebutkan berapa persen peningkatan pengunaan TI di masa pandemi ini, tetapi kita bisa melihat secara nyata peningkatannya. Salah satu indikatornya adalah penggunaan media online berupa teleconference (Zoom, webex, google meet dan lainnya) pada berbagai kegiatan yang tidak terbatas hanya pada dunia apendidikan, tetapi juga pada bidang yang lainnya seperti ekonomi-bisnis, sosiap, politik dan lainnya. Secara spesifik didunia pendidikan dikenalkan dengan metoda PJJ yang menggunakan berbagai aplikasi online diantaranya google clas, edmodo, dan banyak lagi yang lainnya.

Segala sesuatu yang baru memang terkadang terasa sulit, berat atau merepotkan. Tapi itulah dinamika yang harus kita sikapi dengan baik, mencoba adaptasi terhadap perubahan. Dan kita memang harus yakin bahwa memang ini dibutuhkan, penting, dan membawa kebaikan dimasa yang akan datang.

-SELAMAT HARI GURU 2020-